Kecepatan dalam membuka website adalah salah satu parameter suksesnya sebuah web. Jika web yang kamu buat adalah web yang lemot ketika pengunjung membukanya, maka websitemu akan kehilangan pengunjun. Menurut study, pengunjung hanya akan menunggu selama 10 detik dan akhirnya tidak jadi membuka webmu.

Serem juga ya?

Betul banget!. Makanya webmu jangan sampai lemot.

Lalu bagaimana caranya? sebelum kamu mempercepat akses ke webmu. Terlebih dahulu yang harus kamu tahu adalah. Seberapa cepat akses ke webmu. Jika sudah cepat, maka tidak ada masalah. Tapi ketika lambat, maka kamu harus melakukan usaha lebih agar webmu lebih cepat.

Lalu bagaimana caranya? Caranya menggunakan beberapa tools. Semuanya gratis tinggal pake.

Menggunakan Pingdom.com

salah satu cara mengecek bagaimana kondisi kecepatan webmu adalah dengan menggunakan pingdom. Langsung saja buka webnya di https://tools.pingdom.com/.

Selanjutnya, masukkan URL mu dan pilih lokasi server yang akan digunakan untuk test.

Klik start test

Selanjutnya akan tampil hasilnya. Contoh summarynya :

Di sana akan terlihat bagaimana cepatnya webmu dan perbandingannya dengan web yang lain. Web ini kurang dari 10 detik dan lebih cepat dari 22 persen web yang pernah ditest.

Selanjutnya di bawahnya akan terlihat status yang lain dan tips-tips apa yang harus kamu lakukan untuk improvement. Kamu juga bisa mendeteksi css yang rusak. Atau gambar yang hilang dsb.

Lalu ada juga perbandingan seberapa banyak resource yang habis dari webmu.

Lalu yang terakhir, kamu juga bisa tahu, sebagian resourcemu berasal dari mana. Jika sudah dari webmu sendiri, maka akan lebih cepat. Tapi jika dari pihak luar seperti contohnya external css dsb, maka harusnya resourcemu kamu taruh di hostingmu sendiri.

Selamat mencoba guys.

Oiya, ada juga tools serupa antara lain di GTMetrix. Bedanya lebih ke rekomendasi semua. Tapi kalo kamu mau mencoba keduanya maka sah-sah saja.

 

Categories: Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *