Home / Uncategorized / Perbedaan WordPress.org vs WordPress.com

Perbedaan WordPress.org vs WordPress.com

WordPress sebagai salah satu platform membuat website tentu saja menjadi salah satu idaman para pengembang web saat ini. Selain karena mudah dipakai, wordpress juga memiliki kustomisasi yang cukup lengkap bahkan melebihi kemudahan kustomisasi dari membuat web secara manual.

Namun masih banyak yang merasa bingung, apa sih bedanya wordpress.com dan wordpress.org. Meskipun keduanya sama-sama wordpress, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Perbedaan awal yang perlu diketahui adalah, jika wordpress.com hanya bisa dibuat di wordpress.com saja, sedangkan wordpress.org digunakan untuk membuat website sendiri atau orang biasa menyebutnya wordpress self host.

Cara instalasinya pun berbeda. Jika wordpress.com, kamu hanya perlu melakukan registrasi dengan sebuah alamat email. Mengisi formulir, memilih alamat web, dan foila! web kamu langsung jadi. Namun, jika wordpress.org, kamu harus menyiapkan webhosting dan domain untuk website kamu. Selanjutnya, kamu harus menginstalasi wordpressnya melalui cpanel yang terdapat pada webhosting provider yang kamu pilih.

Perbedaan lain dari wordpress.org dengan wordpress.com yang sangat mendasar antara lain. WordPress.com memiliki limited control. Sedangkan wordpress.org memiliki full control. Maksudnya bagaimana?

Dengan wordpress.com, kamu sangat sulit untuk mengkustomisasi web kamu. Kamu tidak bebas mengubah tema dan menambah plugin. Padahal, dengan tema dan plugin, kamu jadi bisa berkreasi sesuai dengan wordpressmu. Dengan tema, kamu bisa mencari template sebagus mungkin atau seringan mungkin, beda dengan wordpress.com yang hanya memiliki tema yang terbatas. Dengan plugin, kamu bisa menambahkan utility lain untuk web wordpress kamu yang tidak bisa kamu dapat melalui wordpress.com.

Salah satu utility yang cukup signifikan contohnya adalah jika kamu ingin membuat toko online, maka kamu harus menginstall woocommerce dan itu hanya bisa kamu lakukan di wordpress self host.

Lalu kapan saya harus memakai wordpress.com dan kapan saya harus menggunakan wordpress.org?

WordPress.com digunakan bagi kamu yang murni sudah puas dengan fitur dasar wordpress. Fitur dasar wordpress antara lain membuat postingan layaknya sebuah blog. Serta kamu yang sudah cukup puas dengan dukungan tema yang ada saat ini di wordpress.com.

Sedangkan, wordpress.org digunakan untuk kamu yang pengen membuat lebih dari sekedar web dan tampilan yang tidak terbatas. Meskipun dengan kerepotan sedikit, tapi kamu bisa menyulap webmu dengan tampilan terbaik menurutmu. Selain itu, fitur yang ada di webmu bisa kamu kembangkan sesuai dengan keinginanmu.

Bagaimana? sudah jelas? jika ada pertanyaan, langsung layangkan di kolom komentar ya.

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *